Jalur Malalak-Sicincin Putus

Hujan yang turun terus menerus beberapa hari belakangan ini mengakibatkan terjadinya longsor di berbagai daerah. Salah satu jalur alternatif Malalak – Sicincin semenjak hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2011 terputus ditimbun longsor di lima titik dengan jumlah material yang tidak sedikit menutupi badan jalan. Material berupa tanah, batu – batu kecil dan besar, bahkan ada batu yang sebesar truk ikut terbawa longsor menutup badan jalan di salah satu titik longsor tersebut.

Adapun titik longsor di jalan raya Malalak – Sicincin tersebut yaitu :

  1. Batu Baapik sepanjang 50 meter;
  2. Sarasah I sepanjang 30 meter;
  3. Sarasah II sepanjang 35 meter;
  4. Ambacang sepanjang 20 meter, dan;
  5. Campago Ateh sepanjang 20 meter.
Pembersihan Jalan Bekas LongsorPembersihan Jalan Bekas Longsor

Cuaca ekstrim hujan deras yang terus mengguyur di sekitar lokasi dan di wilayah hukum Polres Bukittinggi pada umumnya, mengakibatkan upaya pembukaan jalan tertunda. Situasi tanah yang labil ditambah siraman air hujan bisa mengakibatkan terjadinya longsor susulan, yang bisa berakibat fatal kepada pekerja yang akan melaksanakan pembersihan. Mulai hari Senin tanggal 7 Nopember 2011 pembukaan jalan mulai dilaksanakan. Pengerjaan dilakukan oleh Dinas Kimpraswil Provinsi Sumatera Barat dibantu oleh personil Polres Bukittinggi, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Agam serta pekerja dari PT.Rimbo Peraduan selaku penanggung jawab Fhinising jalan raya Malalak- Sicincin.

Sampai hari Selasa tanggal 8 Nopember 2011, sebagian lokasi longsor sudah bisa dilewati, tetapi salah satu titik di Ambacang Jorong Limo Badak Kenagarian Malalak Timur ada 3 (tiga) buah batu sebesar L300 yang tidak bisa di pindahkan. Dinas Kimpraswil Provinsi Sumatera Barat bekerjaama dengan PT. Rimbo Peraduan sedang mengusahakan untuk mendatangkan peralatan berupa Loader yang lebih besar agar bisa memindahkan ketiga batu besar yang menghambat jalan tersebut.

sumber : http://restabukit.wordpress.com/2011/11/09/jalur-malalak-sicincin-putus/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: